Siaran Radio Online dengan RadioBOSS

Artikel ini berisi tentang cara siaran di radio online dengan aplikasi RadioBOSS di OS Windows. Catatan: selain aplikasi tersebut juga tetap dibutuhkan Server Radio agar dapat berjalan dengan baik.
Share:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...
Cara Siaran Radio Online dengan RadioBOSS
Updated: 12 Agustus 2021

Hi, kali ini kami akan membagikan tutorial mengenai bagaimana cara siaran radio online dengan Radioboss.

Seperti biasa, kami akan memberikan penjelasan-penjelasan singkat terlebih dahulu tentang beberapa hal yang terkait dengan tema kali ini, supaya bisa lebih nyambung dengan penjelasan berikutnya yaitu siaran radio online dengan RadioBOSS.

Namun jika sobat ingin langsung menuju bagian tutorial cara setting RadioBOSS agar bisa konek ke server radio, bisa klik disini.

TL;DR

Artikel ini cukup panjang dibandingkan artikel kami yang lain untuk dibaca sekaligus. Selain langsung membaca secara keseluruhan, anda bisa menggunakan daftar isi agar dapat langsung menuju bagian yang anda butuhkan, atau membaca sebagian, bookmark halaman ini, dan kembali lagi di lain waktu jika di inginkan.


1. Apa itu RadioBOSS?

RadioBOSS adalah sebuah software aplikasi broadcasting/siaran radio yang berjalan di OS Windows, yang di produksi oleh DJSOFT, perusahaan pengembang beberapa aplikasi untuk siaran/broadcasting.

Ada beberapa macam software RadioBOSS, tetapi untuk artikel ini kami khususkan tipe RadioBOSS yang bisa digunakan untuk siaran radio online, yaitu tipe Standard dan Advanced, dan bukan tipe Express karena tidak bisa digunakan untuk siaran radio online.

Mengapa kita membutuhkan aplikasi seperti RadioBOSS ? Agar si penyiar dapat mengirim data, dalam hal ini berupa data suara ke server radio online, setelah itu server akan meneruskan ke pendengarnya.

Tanpa aplikasi seperti RadioBOSS atau yang sejenis, maka data suara baik lagu ataupun cuap2an si penyiarnya (voice over), tidak bisa terkirim ke server, jadi fungsinya aplikasi ini sebagai perantara antara kita dan server radio online.

Setelah data suara tersebut diterima oleh server, maka listener yang mengakses ke server tersebut akan menerima data suara yang berasal dari server radio online tersebut.

Skema antara Penyiar - RadioBOSS - Server - Pendengar

Untuk lebih jelasnya coba sobat lihat skema sederhana dibawah ini :

skema antara penyiar radio online dengan server dan pendengar

Jika kita lihat gambar diatas, maka penyiar yang berada di sebelah kiri dengan laptop dan aplikasi RadioBOSSnya mengirimkan data ke sebelah kanan gambar awan yaitu server radionya.

Dari server radio akan mengirimkan suara tersebut ketika ada pendengar yang ingin mengaksesnya dengan URL/link tertentu, dan dalam contoh gambar diatas ada 3 orang pendengar.

Selain RadioBOSS tentunya masih banyak lagi software broadcasting yang bisa digunakan untuk siaran radio online. Diantaranya yang populer untuk digunakan di OS Windows adalah SAM Broadcaster dan Winamp.

Kamu juga bisa baca artikel kami tentang cara siaran radio online dengan SAM Broadcaster dan Winamp lho.... klik aja link dibawah ini :

Cara Siaran Radio Online dengan SAM Broadcaster
Cara Siaran Radio Online dengan Winamp.

2. Apa itu Radio Online dan Server Radio Online?

Radio online adalah radio yang menggunakan internet sebagai jalur komunikasinya.

Selain jalur komunikasinya, pada dasarnya sama dengan radio konvensional yang menggunakan frekuensi gelombang.

Kelebihan utamanya adalah selama kita tersambung dengan internet, dimanapun kita berada bisa terhubung.

Misalkan penyiar di Indonesia, maka orang yang ada dimanapun di dunia ini, asalkan bisa terkoneksi dengan internet bisa menjadi pendengarnya.

Kekurangannya yang utama adalah kebalikan dari kelebihannya, yaitu jika kita tidak memiliki akses internet, misalnya berada di sebelah rumah penyiarnya, walaupun dekat dengan penyiarnya, maka tetap tidak bisa mengakses radio online.

Server ini kita perlukan karena pada umumnya, server memiliki daya tahan dan koneksi internet yang relatif lebih baik daripada PC biasa, sehingga misalnya ketika ada banyak pendengar yang mengaksesnya, diharapkan bebannya tidak ada pada si penyiar, tetapi dapat dilayani oleh server radio tersebut.

Ada 2 tipe platform radio online yang bisa di install pada server, dan yang paling banyak digunakan di dunia saat ini, yaitu platform Shoutcast dan Icecast.

Keduanya merupakan aplikasi gratis, tetapi untuk Shoutcast juga ada versi yang berbayar/premium dengan beberapa fitur tambahan.

Tentunya ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe server tersebut, tetapi tidak kami bahas di artikel ini.

Selain Shoutcast & Icecast ada juga tipe server radio online lainnya yaitu SteamCast, tetapi untuk yang terakhir ini lebih jarang digunakan daripada dua tipe lainnya.

Sedangkan untuk software RadioBOSS sendiri bisa digunakan untuk siaran radio online di tipe server Shoutcast maupun Icecast.

3. Mengapa Memilih Menggunakan RadioBOSS untuk Siaran Radio Online?

Disclaimer: Sebelum kami menjelaskan review tentang ini, perlu dipahami informasi yang kami sajikan berikut ini adalah pendapat subjektif dari kami berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi hal ini bukan berdasarkan data kuantitatif atau yang bisa diukur dengan angka.

Kami sudah mencoba menggunakan beberapa aplikasi siaran untuk radio online. Sebagian besar aplikasi tersebut adalah aplikasi yang berjalan di OS Windows. Dan setelah kami gunakan cukup lama, maka yang kami rasakan setelah menggunakan RadioBOSS adalah :

Sebenarnya masih banyak feature lain yang ada di aplikasi ini dan belum tentu ada di aplikasi lain, tetapi secara singkat beberapa kelebihan diatas membuat kami nilai RadioBOSS adalah software broadcasting yang paling cocok untuk digunakan, khususnya bagi kami pada saat ini.

4. Persyaratan Minimal Siaran Radio Online dengan RadioBOSS

Untuk bisa siaran radio online dengan RadioBOSS, ada beberapa persyaratan yang perlu sobat penuhi terlebih dahulu, yaitu :

Ketiga hal tersebut diatas adalah syarat minimal yang harus sobat miliki/ketahui sebelum bisa siaran di radio online dengan RadioBOSS, dan kami asumsikan sobat sudah memilikinya.

5. Penjelasan Tampilan Utama RadioBOSS

Setelah aplikasi RadioBOSS terinstall, silahkan sobat buka, dan pada halaman utama, sobat akan melihat tampilan utama seperti gambar dibawah.

Ada kemungkinan berbeda-beda sedikit tergantung versi RadioBOSS sobat dan pengaturan Work Zones, yaitu tata letak window pada tampilan utama.

Untuk yang akan kami tampilkan menggunakan work zones 3 (Sobat bisa setting work zones di menu View - Work Zones)

tampilan standard radioboss
Tampilan Standard RadioBOSS

Kami akan mencoba menjelaskan gambar diatas sebagai tambahan informasi untuk sobat, karena pada tampilan utama inilah kita akan paling banyak menghabiskan waktu ketika siaran di radio online dengan RadioBOSS.

Nama-nama bagian/window pada tampilan utama ini adalah sebutan kami saja, untuk mempermudah menjelaskan.

Keterangan dari gambar diatas adalah :

1. Menu dan shortcut icon utama

Menu dan icon utama RadioBOSS
Menu dan icon utama RadioBOSS

Pada window ini, ada menu-menu utama yang bisa kamu gunakan untuk berbagai macam fungsi seperti misalnya tentang playlist (membuat baru, membuka, menyimpan).

Ada juga menu tentang view termasuk diantaranya mengatur work zones seperti penjelasan kami diatas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dibawahnya menu utama ada deretan icon-icon yang bisa digunakan sebagai shortcut untuk langsung menuju ke suatu menu atau fungsi tertentu.

2. Window informasi waktu dan track

Window informasi waktu dan track RadioBOSS
Window informasi waktu dan track RadioBOSS

Pada bagian sebelah kiri ada informasi tentang hari dan tanggal pada saat aplikasi ini dibuka, juga ada informasi waktu saat ini, dan berapa lama lagi menuju jam berikutnya.

Informasi ini sangat diperlukan penyiar yang sedang siaran, misalnya jika sesi waktunya sudah mepet dan mau habis maka bagaimana menyikapinya, apakah dengan cuap-cuap lebih sedikit, atau mungkin mengurangi lagu yang akan diputar.

Selain itu informasi tersebut juga bisa menjadi bahan ketika penyiar berbicara, misalnya menginfokan sesi tersebut pada hari dan tanggal berapa, atau berapa lama sesi tersebut akan habis.

Di sebelah kanannya ada 3 kotak, yaitu :

Informasi ini juga sangat berguna untuk diperhatikan bagi penyiar seperti halnya informasi tentang hari, tanggal dan waktu.

3. Window utilities pertama

Window Utilities Pertama RadioBOSS
Window Utilities Pertama RadioBOSS

Pada window utilities pertama ini ada 4 TAB yang berisi :

Di sebelah kanan ada volume meter dan tombol mic, untuk melihat seberapa besar volume file yang kita putar dan volume suara jika mic sedang ON.

Jika pada tampilan di tempat sobat tidak ada, bisa diaktifkan melalui menu VIEW - MIC and VU METER IN CENTER atau tekan Ctrl-K.

Jika di nonaktifkan opsi ini, maka tombol mic anda akan berada di sebelah kanan player utama pada window no. 9

4. Playlist Utama

Playlist Utama RadioBOSS
Playlist Utama RadioBOSS

Playlist utama berisi daftar lagu atau file suara yang akan dimainkan, jika dibiarkan maka akan secara otomatis memutar lagu dibawahnya.

Kita juga bisa membuat beberapa playlist dengan meng-klik tab playlist atau tab dengan icon plus di sebelah kanan tab PLAYLIST.

Misalnya ketika penyiar membuat playlist rock untuk sesi rock, kemudian membuat playlist lain dangdut untuk sesi dangdut, atau mungkin untuk sesi tertentu kita bisa mengumpulkan materi lagu/file suaranya terlebih dahulu untuk mendukung sesi tersebut sehingga tidak perlu bingung mencari-cari kembali.

Ada beberapa kolom didalamnya, uniknya, selain bisa dirubah-rubah ukurannya, juga bisa dipindah-pindahkan, sehingga misalnya kita tidak butuh suatu kolom, kita bisa drag ke sebelah kanan dan mengecilkan ukurannya.

Biasanya yang terpenting buat saya pribadi adalah informasi tentang

Untuk kolom-kolom lainnya jarang saya pakai, walaupun bisa berguna juga seseuai kebutuhan kita, bagaimana dengan sobat sendiri, bagaimana susunan kolom yang paling nyaman ketika siaran?

5. Window utilities kedua

Window Utitilities Kedua
Window Utitilities Kedua

Pada windows utitlities kedua juga kita bisa menyusun tab-tab sesuai kebutuhan kita.

Untuk contoh gambar diatas tab kami gunakan sebagai cart list, yaitu kumpulan bumper atau selingan-selingan yang biasa kami putarkan di sela-sela antar 2 buah lagu.

Tab yang memungkinkan kita tambahkan pada window ini adalah :

6. Window logs

Window Logs RadioBOSS
Window Logs RadioBOSS

Window Logs adalah window yang berisi informasi pencatatan aktifitas aplikasi dari waktu ke waktu.

Bagi saya pribadi, window logs ini paling penting fungsinya ketika ada permasalahan, misalkan tidak bisa konek ke server, karena akan mengeluarkan pesan text berwarna merah tentang apa penyebabnya, sehingga bisa kita perbaiki jika kita tau maksud pesan error tersebut.

Selain pesan error, window logs ini juga mencatat semua aktifitas di dalam aplikasi RadioBOSS, misalnya ketika berganti lagu, on/off repeat track, dan lain sebagainya.

7. Informasi tentang track yang sedang dimainkan

Informasi Track RadioBOSS
Informasi Track RadioBOSS

Pada window ini berisi informasi tentang track yang sedang dimainkan, seperti artwork image lagu (dalam contoh diatas gambar kotak abu-abu sebelah kiri), artist, title, album, year, genre, comment, file name, sample dan bitrate lagu, berapa kali sudah dimainkan dalam history, dan beberapa informasi tambahan lainnya.

8. Player utama

Player Utama RadioBOSS
Player Utama RadioBOSS

Di player utama ini sama seperti player audio pada umumnya, bisa kita gunakan untuk play, pause, stop, play previous track, play next track, shuffle, stop after the track dan repeat.

Untuk stop after the track, itu artinya setelah 1 lagu yg sedang dimainkan habis, maka akan berhenti, tidak sambung ke lagu berikutnya.

Ini kadang kami gunakan untuk memutarkan jingle, cart atau selingan-selingan lainnya. Setelah itu baru lanjut lagu berikutnya seperti biasa.

Gambar diatas tidak ada tombol mic di sebelah kanan karena saya mengaktifkan VU Meter sehingga mic pindah ke window kedua (baca disini), tetapi jika sobat tidak mengaktifkan VU Meter, maka akan ada tombol mic di sebalah kanan yang bisa kita gunakan untuk mengaktifkan/de-aktifkan fungsi mic.

9. Window utilities ketiga

Window Utilities Ketiga RadioBOSS
Window Utilities Ketiga RadioBOSS

Window utitlities ketiga ini sama seperti window utilities kedua diatas. Sobat bisa menyesuakan fungsi tab yang dibutuhkan. Pilihannya adalah Cart, File Explorer, AUX Playlist, Search, Notepad, Web Browser.

6. Setting RadioBOSS agar dapat digunakan untuk siaran di radio online

Dibawah ini langkah-langkah dasar yang menurut kami cukup untuk dasar siaran radio online dengan RadioBOSS.

1. Settings Akses ke Server (Broadcast Encoders Settings)

Broadcast Encoder Settings di RadioBOSS
Broadcast Encoder Settings di RadioBOSS
Server & Encoder Settings RadioBOSS
Server & Encoder Settings RadioBOSS
  1. Klik icon settings pada icon utama (icon gear di deretan kanan) atau lewat menu utama SETTINGS - OPTIONS
  2. Klik menu BROADCAST
  3. Klik icon + (plus) pada kotak encoders untuk menambah daftar server radio anda
  4. Pada TAB CONNECTION isi data server radio online anda.
    Anda bisa mengisi manual data server anda atau bisa gunakan CONFIGURATION WIZARD yang akan menuntun anda mengisi data server anda, kami sarankan menggunakan CONFIGURATION WIZARD jika anda belum terbiasa.
    Contoh setting untuk tipe server Shoutcast v.1 :
    • Link : listen.inspiradio.id
    • Port: 8000
    • Password : changeme
      Contoh setting untuk tipe server Shoutcast v.2 :
    • Link : listen.inspiradio.id
    • Port: 8000
    • Username : admin
    • Password : changeme
    • Stream ID : 1
      Contoh setting untuk tipe server Icecast :
    • Link : listen.inspiradio.id
    • Port : 8000
    • Password : changeme
    • Mount : /live
  5. Pada kotak ENCODER DISPLAY NAME, isi dengan kata yang memudahkan untuk mengingat tentang setting yang anda buat, misalnya nama radionya.
  6. Setelahnya ada beberapa kotak yang harus anda pilih. Kotak tersebut adalah pilihan/opsi output suara yang ingin anda kirimkan ke server radio.
    Semakin besar nilainya semakin besar datanya, tetapi semakin halus suaranya.
    Contoh encoder output yang sering kami gunakan :
    • Sample Rate : 44.100Hz
    • Encoder : AAC+
    • Bitrate : 64kbps
    • Channel : Stereo
  7. Setelah data terisi klik OK untuk menutup jendela encoder settings, jangan lupa di centang/check setting anda pada daftar ENCODERS, supaya ketika anda klik connect nantinya maka setting tersebutlah yang akan aktif/dijalankan.

Catatan tambahan untuk setting encoders

Sobat juga bisa mengaktifkan/enable opsi SHOW ON AIR when broadcasting is turned on untuk memunculkan tulisan ON AIR ketika nanti sudah mengaktifkan koneksi ke server radio.

Fungsi tersebut menurut kami penting karena bisa menjadi penanda yang jelas supaya penyiar cepat tanggap status aplikasinya sedang konek ke server atau tidak.

2. Settings Broadcast Metadata

Broadcast Metadata adalah data tersembunyi yang akan dikirim ke server, tetapi praktisnya ini adalah data yang akan muncul ketika kita melihat lagu apa yang sedang dimainkan, terutama nama artis dan judul lagunya.

Setelah langkah terakhir anda mencentang pada nama encoders anda, maka langkah selanjutnya adalah :

Broadcast Metadata Setting di RadioBOSS
Broadcast Metadata Setting di RadioBOSS
  1. Klik METADATA
  2. Isi STATION INFO, berisi tentang informasi station radio anda, langkah ini tidak harus, tetapi sebaiknya ada, sebagai contoh kami setting seperti dibawah ini:
    • Name: Inspiradio
    • Description : Radio Inspiratif
    • URL : https://www.inspiradio.id
    • Genre : Slow Rock
  3. Isi BROADCASTING TITLE FORMAT, ini adalah format metadata yang akan ditampilkan untuk listener, sebagai contoh:
    %artist - %title - ROCK TONIGHT

Maka ketika kita siaran, contoh hasil metadata yang terlihat listener seperti gambar dibawah ini :

Contoh metadata yang bisa dilihat listener radio online
Contoh metadata yang bisa dilihat listener radio online

Ini adalah gambar contoh metadata yang bisa dilihat listener radio online menggunakan server Icecast.

Coba sobat perhatikan isi yang ada di dalam kotak merah, mulai dari mounting /live hingga judul lagu yang sedang diputar (current song), itu merupakan data yang kita setting pada langkah-langkah diatas dan terkirim ke server radionya.

Tetapi sampai langkah setting broadcast metadata, kita belum siaran ya sob, lanjut ke setting berikutnya yuk...

(Khusus untuk temen-temen di Inspiradio, biasanya yang sering lupa di input adalah stream url nya)

3. Settings Playback Device

Secara singkat, setting playback dan input ini adalah kita menentukan suara yang keluar untuk kita dengarkan (playback) itu di device yang mana.

Setting ini diperlukan karena terkadang dalam 1 komputer bisa tersambung beberapa speaker dan mic sekaligus.

Untuk contoh kasusnya, misalnya anda ada di dalam studio siaran, sobat bisa mensetting supaya speaker di luar studio sobat keluar suara voice sobat + musik latarnya, sedangkan sobat di dalam studio tidak mendengarkan apa-apa supaya tidak berisik sehingga lebih leluasa cuap-cuap, misalnya saja seperti itu.

Untuk setting playback sobat klik tab playback di sebelah kiri (tentunya masih di dalam menu settings seperti langkah diatas).

Playback Settings di RadioBOSS
Playback Settings di RadioBOSS

Diatas adalah tampilan PLAYBACK settings di RadioBOSS dimana kita bisa menentukan device-device (alat/alat) apa yang terhubung dengan komputer kita dan akan kita gunakan.

Penjelasan PLAYBACK SETTINGS

Untuk setting diatas tidak perlu harus anda gunakan semua, disesuaikan kebutuhan dan peralatan yang ada saja. Setelah selesai kita akan setting INPUT DEVICE di langkah selanjutnya.

Catatan : Setiap komputer memiliki device atau alat-alat yang tersambung yang berbeda-beda, sehingga sesuaikan dengan spesifikasi komputer anda karena kesalahan pemilihan device terkadang bisa menyebabkan tidak bisa siaran online.

4. Setting Input Device

Untuk setting INPUT DEVICE, sobat klik saja tab INPUT pada settings menu, setelah itu sesuaikan device input yang ingin sobat gunakan, misalnya microphone yang mana yang mau digunakan.

Input Settings di RadioBOSS
Input Settings di RadioBOSS

Diatas adalah tampilan dari setting input, ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan, coba sobat simak penjelasan dibawah ini:

a. Opsi setting input yang perlu diperhatikan

b. Opsi setting input yang jarang kita gunakan

5. Siapkan playlist file suara yang akan digunakan ketika siaran

Setelah setting PLAYBACK dan INPUT selesai, maka sobat klik OK untuk menutup window settings dan kembali ke tampilan utama.

Playlist Utama RadioBOSS
Playlist Utama RadioBOSS

Sobat bisa masukan lagu-lagu atau file suara yang akan diputar ke dalam playlist utama sesuai kebutuhan.

6. Klik CONNECT dan siap untuk siaran

Tombol untk CONNECT & DISCONNECT ke server radio
Tombol untk CONNECT & DISCONNECT ke server radio

Jika semuanya sudah siap, sobat bisa klik icon bumi untuk konek ke server radio.

Jika sobat mengaktifkan setting SHOW ON AIR when broadcasting is turned on pada Encoder Settings, maka akan ada kotak merah ON AIR yang muncul dikanan atas.

Selamat Siaran Sob!

7. Troubleshooting

Terkadang kita mengalami kendala pada saat menggunakan RadioBOSS, khususnya untuk setting pertama kali. Beberapa kendala yang agak sering dialami tersebut misalnya:

1. Tidak bisa konek ke server dengan pesan Cannot start broadcasting (output 1): Error -1 (No description)

Ketika kita mau konek ke server tetapi gagal dan muncul pesan "Cannot start broadcasting (output 1): Error -1 (No description)" di window logs dengan huruf warna merah, maka kejadian ini biasanya karena ada yang sedang siaran.

Solusinya coba sobat cek apakah sedang ada yang siaran atau tidak, misalnya dicek melalui webadmin server radionya.

Contoh untuk radio online inspiradio, kita bisa lihat web adminnya di https://listen.inspiradio.id:9000.

Jika tulisan metadatanya kosong berarti jalur sudah bisa digunakan, tetapi jika ada informasi lagu yang diputar, maka sobat harus mematikan sumber yang itu terlebih dahulu.

2. Mic tidak berfungsi

Jika mic tidak berfungsi coba di cek dan ricek lagi untuk beberapa hal ini :

8. Informasi Tambahan & Tips

Ada beberapa informasi tambahan dan tips yang mungkin berguna buat sobat semua.

1. Contoh Radio Online

Saya dan beberapa orang teman-teman, pada saat tulisan ini dibuat, memiliki sebuah project radio online yang bernama Inspiradio.

Tertarik untuk bergabung menjadi crew Inspiradio?
Tertarik untuk bergabung menjadi crew Inspiradio?

Inspiradio adalah sebuah project yang dioperasikan oleh relawan (volunteer), tanpa bayaran, non profit oriented, dengan misi bisa menyebarkan inspirasi-inspirasi positif bagi pendengarnya.

Ada beberapa informasi yang ingin kami sampaikan terkait dengan project Inspiradio ini:


Contoh Player Radio Online, klik play untuk mendengarkan

Kalau ingin player ini di masukan ke dalam website sobat, silahkan copy paste code html dibawah ini ke website sobat.

<audio controls=""><source src="https://listen.inspiradio.id:9000/live" type="audio/aac"></audio

2. Order Radio Online Service

Jika sobat ingin memiliki radio online sendiri, misalnya untuk meng-online-kan radio konvensional yang sudah ada, atau radio online baru, maka sobat bisa mengunjungi halaman Order Radio Online Server dan Bot AutoDJ.

Jika ada yang ingin ditanyakan terkait service tersebut bisa menghubungi kami untuk penjelasan lebih lanjut.

3. Cara Merekam Siaran Kita Sendiri

RadioBOSS menyediakan fitur untuk merekam siaran kita sendiri yang mungkin diperlukan penyiar atau stasiun radionya untuk :

Langkah-langkah untuk merekam siaran dengan radioBOSS sbb sob:

  1. Jalankan aplikasi RadioBOSS
  2. Buka menu TOOLS -> STREAM ARCHIVE
Menu Stream Archive RadioBOSS
Menu Stream Archive RadioBOSS
Stream Archive Setting RadioBOSS
Stream Archive Setting RadioBOSS
  1. Enable Save stream to a file jika anda ingin merekam siaran anda ketika aplikasi RadioBOSS dijalankan, kalau opsi ini di-disable, maka tidak ada proses perekaman
  2. Enable Record only when mic on jika anda ingin merekam siaran anda hanya pada saat mic aktif. Kalau opsi ini di-disable, maka perekaman akan berlangsung selama program RadioBOSS dijalankan walaupun mic sedang posisi off. Opsi ini sangat berguna untuk sesi siaran yang kadang-kadang diselingi lagu dan kita tidak memerlukan suara lagunya ikut terekam.
  3. Opsi Source untuk menentukan suara mana yang akan di rekam, apakah dari input saja atau semuanya (Audio mix)
  4. Codec untuk setting output suaranya hasil rekaman dalam format audio yang kita inginkan
  5. Save Path adalah lokasi dan nama file hasil rekaman, ada beberapa tag yang bisa kita tambahkan agar memudahkan pengarsipan seperti penambahan %y untuk tahun (year), %m untuk bulan (month) dan lain-lain (lihat gambar diatas)
  6. Split records into adalah opsi dimana kita bisa membuat hasil rekaman terbagi-bagi sesuai batas waktu yang kita inginkan, berguna jika durasi rekaman kita panjang dan kita ingin buat dalam beberapa segmen yang lebih pendek.
  7. Klik tombol OK dan selamat merekam siaran anda!

Catatan khusus untuk opsi split records into: Jika ingin opsi ini dijalankan, format file output harus pakai tag, terutama tag waktu (%h - hour, %t - time, dll) karena jika hanya nama filenya saja, maka segmen berikutnya akan diberi nama file yang sama dengan hasil rekaman sebelumnya dan bisa menghapus file tersebut (pengalaman pribadi ni sob :/ ).

4. Memasukan suara dari aplikasi Zoom atau aplikasi lainnya sebagai input audio di RadioBOSS

Jika sobat ingin memasukan suara diskusi anda dari aplikasi Zoom, Google Meeting atau aplikasi lainnya ke RadioBOSS sehingga bisa disiarkan melalui radio online, maka opsi dibawah ini bisa kita lakukan.

Dulu saya pernah menulis tentang ini ketika aplikasi-aplikasi video conference khususnya Zoom dan Google Meeting belum populer seperti sekarang, bisa anda baca di sini.

Prinsip dasarnya sama, hanya perbedaanya pada tulisan tersebut masih jamannya YM Voice dan Skype (lebih cenderung ke voice conference), dan aplikasi siaran yang kami gunakan adalah SAM Broadcaster.

Seperti pepatah banyak jalan menuju Roma, mungkin juga ada beberapa cara selain yang dibawah ini untuk melakukan proses tersebut, saya coba share salah satunya saja.

Contoh dibawah ini dijalankan pada OS Windows, memasukkan output suara dari aplikasi Zoom menjadi audio input ke RadioBOSS. Langkah-langkahnya adalah sbb :

  1. Kita asumsikan sobat sudah menginstall RadioBOSS dan ZOOM
  2. Install Audio Virtual Cable, yaitu aplikasi untuk membuat jalur/route audio baru di komputer kita seakan-akan ada hardware audio lain, tetapi sebenarnya hanya hardware virtual. Sobat bisa dapatkan aplikasi tersebut di https://www.vb-audio.com/Cable/ secara gratis. Ada pengembang lain yang membuat aplikasi sejenis, tetapi rata-rata berbayar
  3. Di asumsikan anda sudah menginstall Audio Virtual Cable maka akan ada tambahan output dan input audio device pada OS Windows anda. Silahkan di check pada Sound Settings Windows.
Output Input Audio Virtual Cable di Windows
Output Input Audio Virtual Cable di Windows

Skema jalur/route audio nantinya kira-kira seperti dibawah ini :

Skema Penyiar Radio Memasukan Suara dari Zoom ke RadioBOSS
Skema Penyiar Radio Memasukan Suara dari Zoom ke RadioBOSS
  1. Buka aplikasi Zoom pada mode video conference, buka menu setting dan set untuk input disesuaikan mic yang sobat gunakan, untuk speaker/ouput pilih Cable Input (VB-Audio Virtual Cable).

Dengan opsi seperti ini, maka suara sobat akan bisa didengarkan oleh rekan conference, tetapi suara rekan conference hanya bisa sobat dengarkan jika nanti di RadioBOSS di aktifkan (didengarkannya melalui aplikasi RadioBoSS).

Karena output suara dari aplikasi Zoom hanya suara dari rekan sobat saja, maka suara sobat tidak akan ikut terkirim ke RadioBOSS, sehingga di aplikasi RadioBOSS sobat tetap harus memasukan input mic sebagai salah satu input audionya.

  1. Buka menu settings-options pada RadioBoss. Selain sobat set Mic Button dengan mic sobat (baca tentang input setting disini), juga tambahkan lagi Input 1 Line-in dengan pilihan Cable Output (VB-Audio Virtual Cable) supaya suara dari Zoom akan masuk sebagai input audio juga, music level di +0db, setelah itu klik OK.
Suara dari ZOOM sebagai input tambahan di RadioBOSS
Suara dari ZOOM sebagai input tambahan di RadioBOSS

Penting!!

Sebaiknya music level dikembalikan ke +0db supaya ketika mic anda sedang aktif, suara dari Zoom tidak mengecil (pengalaman pribadi lagi nih sob :/ )

  1. Pada playlist, buat playlist baru. Ini opsional saja, gunanya supaya sobat bisa fokus mengatur content suara yang akan disiarkan pada saat diskusi sobat.
  2. Dari menu utama, pilih PLAYLIST -> ADD LINE INPUT, akan muncul kotak baru. Setting inputnya dengan Input 1 (sesuai dengan line input yang kita tambahkan sebelumnya). Duration sebaiknya di nolkan saja kecuali sobat ingin membatasi, dan beri nama input tersebut sebagai pengingat, misalnya ZOOM. Klik OK, maka akan keluar LINE INPUT baru di playlist sobat.
Menambahkan Line Input di Playlist
Menambahkan Line Input di Playlist
  1. Sebagai contoh digambar atas, LINE INPUT itu seperti layaknya sebuah file suara/lagu saja, jika kita play maka akan aktif/terdengar suaranya, hanya saja dalam hal ini aktifnya itu akan mengeluarkan suara dari aplikasi ZOOM. Begitu juga jika tidak di aktifkan/play maka sobat tidak bisa mendengar suara rekan diskusi dari ZOOM.
  2. Jika mic diaktifkan maka suara penyiar masuk ke server radio, jika tidak diaktifkan, maka suara penyiar hanya akan masuk ke aplikasi zoom saja. Sehingga sebaiknya, ketika ada rekan diskusi dari Zoom yang sedang berbicara, dan sobat tidak dalam keperluan untuk berbicara dalam waktu cukup lama, maka sebaiknya mic di nonaktifkan.
  3. Selanjutnya seperti siaran biasa saja sesuai penjelasan cara siaran radio sebelumnya, di connect kan untuk menghubungkan ke server radio, dan seterusnya. Selamat mencoba!

Jika sobat ingin mengetahui contoh implementasi dari menggabungkan Zoom dengan RadioBOSS bisa dilihat di Jagongan Online Protokol COVID 19 untuk DTW Saung Tani.

9. Penutup

Demikian artikel tentang Cara Siaran Radio Online dengan RadioBOSS. Sebenarnya masih banyak sekali feature RadioBOSS yang belum kami sampaikan di artikel ini, mungkin akan kami coba lengkapi di kemudian hari jika ada kesempatan.

Jika seandainya ada pertanyaan, komentar, informasi tambahan, atau request yang terkait dengan RadioBOSS untuk perbaikan tulisan kami dan tanggapan lainnya silahkan sobat tulis pada kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

Salam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait Lainnya
Pelatihan Implementasi e-Commerce di Fakultas Pertanian Universitas Yudharta
Artikel ini bercerita tentang partisipasi kami dalam program implementasi e-Commerce yang diadakan Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Yudharta Pasuruan.
Baca selengkapnya....
Membuat off canvas menu dan tombol hamburger beranimasi di Oxygen Builder
Tutorial membuat canvas menu dan tombol hamburger beranimasi di Oxygen Builder
Baca selengkapnya....
Cara Membuat Menu Di Luar Kanvas dengan Oxygen Builder
Artikel ini menjelaskan tentang cara pembuatan menu di luar kanvas pada website yang menggunakan CMS WordPress dan plugin Oxygen Builder
Baca selengkapnya....
Konversi Website ke Oxygen Builder (Studi Kasus)
Apakah anda ingin mengkonversi website yang menggunakan Oxygen Builder? Berikut contoh kasus dan peningkatan kinerja hasil optimasinya.
Baca selengkapnya....
Bagaimana Cara Membuat Slider Dinamis dengan Flickity di Oxygen Builder Repeater?
Tutorial ini menjelaskan cara membuat slider dinamis menggunakan flickity yang digabungkan dengan elemen Oxygen Builder Repeater.
Baca selengkapnya....
Kembali ke atas
logo digitalizer
© 2011 - 2021 Digitalizer My ID - Allright Reserved
cross