Konversi Website ke Oxygen Builder (Studi Kasus)

Apakah anda ingin mengkonversi website yang menggunakan Oxygen Builder? Berikut contoh kasus dan peningkatan kinerja hasil optimasinya.
Bagikan:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
GTMetrix Score Deco Cipta Graha - After Optimization+Cache+Nearest Server
icon divider
Hi Sobat Digital! Artikel kali ini kami akan berbagi informasi tentang hasil konversi website "WordPress non Oxygen Builder" yang kemudian di konversikan menjadi website "WordPress menggunakan Oxygen Builder".

Selain untuk mempromosikan jasa kami, yaitu Jasa konversi website ke WordPress dan Oxygen Builder, mungkin artikel ini bisa juga bermanfaat bagi anda yang akan melakukan proses yang sama.
tl;dr
Kami menggunakan Oxygen Builder untuk mengkonversi desain website yang lama
Hasil pengukuran dengan GTMetrix menunjukan peningkatan kinerja website yang lebih baik setelah proses konversi ke Oxygen Builder dari sebelumnya nilai F menjadi A

Latar Belakang

Kami memiliki klien yang bergerak dibidang jasa konstruksi umum atau biasa disebut General Contractor. Perusahaan ini memiliki website profile perusahaan yang telah kami bantu pembuatannya pada tahun 2017 dan termasuk pelayanan perawatannya juga hingga saat ini. 

Website tersebut dibuat menggunakan CMS WordPress. Namun, kami merasa bahwa kinerja website saat ini masih perlu di optimalkan lagi.

Seperti yang sudah banyak di diskusikan dan menjadi pertimbangan oleh banyak pemilik, pengelola dan pengembang website dimana-mana, bahwa Google akan mempertimbangkan performa/kinerja sebuah website sebagai salah satu faktor dalam menentukan ranking.

Selain karena faktor ranking Google, hal tersebut juga menjadi pertimbangan kami untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung.

Menurut penelitian, semakin tinggi kenyamanan pengguna (User Experience), maka kemungkinan konversi keberhasilan sebuah website akan semakin tinggi, sehingga ada kebutuhan untuk memperbaiki kinerja website tersebut.
Jika anda tertarik membaca artikel tentang hubungan kepuasan pengguna terhadap ranking Google dan tingkat keberhasilan sebuah website silahkan membaca artikel dibawah ini.
Tentang kinerja website ini menjadi salah satu perhatian kami karena dikhawatirkan pengaruh website kurang signifikan sebagai salah satu pendukung keberhasilan sebuah perusahaan.

Karena itu kami berusaha memperbaiki performa dan kinerja website perusahaan tersebut, sekaligus memberikan sentuhan sedikit modifikasi desain sebagai penyegaran desain yang bertujuan agar pengguna bisa memiliki pengalaman browsing yang lebih menyenangkan.

Proses apa yang telah kami kerjakan?

Untuk meningkatkan kinerja dan penyegaran desain website tersebut, maka secara tahapan dasar yang kami kerjakan adalah sebagai berikut :
  1. Mengukur kinerja situs web lama ketika belum diperbaiki (sebut saja situs web asli adalah situs web lama).
  2. Mengkloning atau membuat duplikat situs web lama.
  3. Dari website kloning atau website baru kita ubah menjadi website baru yang dibangun dengan plugin Oxygen Builder, tentunya desain tema mengikuti desain website lama walaupun ada perubahan sedikit.
  4. Setelah website baru selesai, kita hapus website lama, diawali dengan proses backup terlebih dahulu.
  5. Website baru dipindahkan / dimigrasikan dan di setting dengan proses teknis lainnya, sehingga dapat menggantikan website lama.
  6. Pengukuran kinerja situs web baru. Meski hasilnya lebih baik, masih jauh dari memuaskan.
  7. Melakukan optimasi, dan hasil akhirnya menurut kami cukup memuaskan, baik dari segi desain dan terutama dari segi performa.

Mengapa Kami Menggunakan Oxygen Builder?

Jawaban singkatnya adalah karena Oxygen Builder tidak se-bloat page builder yang lain dan memiliki flexibilitas desain yang sangat baik sehingga kami berharap website yang baru akan bisa dimaksimalkan performanya dengan desain yang mirip dengan website yang lama, bahkan kalau bisa lebih bagus daripada desain sebelumnya.

Memang jika hanya mengkonversi ke Oxygen Builder saja tanpa optimasi maka hasil yang diperoleh juga tidak maksimal. Tetapi Oxygen Builder memberikan peluang lebih luas kepada kita untuk bisa lebih meng-optimalkan website yang kita buat.

Bagi anda yang mungkin belum mengenal plugin Oxygen Builder bisa membaca artikel kami "Oxygen Builder, Plugin Page Builder WordPress Terbaik?" yang mungkin bisa memberikan gambaran tambahan mengapa kami memilih menggunakan plugin ini.
Apakah anda membutuhkan tenaga lepas untuk mendesain, membuat, mengembangkan website atau mengkonversi dari desain website yang lama ke WordPress dengan Oxygen Builder?
Minta Penawaran

Metode Pengukuran Kinerja

  1. Kami menggunakan GTMetrix dalam pengukuran kinerja website baik sebelum maupun sesudah proses konversi. Memang ada beberapa tools pengukuran selain GTMetrix, namun kami rasa untuk artikel ini satu buah tools cukup sebagai ilustrasi. 
  2. Lokasi server kami berada di Singapura.
  3. Jenis hosting yang kami gunakan adalah Reseller/Shared hosting -menurut kami- kelas menengah (tidak murah dan tidak mahal), bukan VPS, Cloud Hosting, atau Dedicated Server.
  4. Lokasi pengukuran GTMetrix yang kami gunakan adalah Vancouver - Canada sebagai defaultnya, dan Hongkong - China untuk mengetahui perbedaan pengukuran dari lokasi server terdekat.
  5. Dalam beberapa uji menggunakan GTMetrix, kami mengukur 2x secara berurutan untuk mengetahui hasil pengukuran tanpa cache, dan yang kedua untuk hasil pengukuran ketika kondisi sudah di cache.

Dokumentasi Konversi ke Oxygen Builder

Dibawah ini adalah beberapa screenshot yang akan memberikan gambaran lebih jelas tentang kondisi sebelum dan sesudah proses konversi + optimasi.

1. Pengukuran kinerja website sebelum dan sesudah konversi

GTMetrix Score Deco Cipta Graha - Before Convert to Oxygen Builder
Hasil pengukuran GTMetrix pada website lama.
GTMetrix Score Deco Cipta Graha - After Convert Non Optimize
Hasil pengukuran GTMetrix pada website baru setelah konversi dengan Oxygen Builder, terlihat ada peningkatan tetapi belum signifikan.

2. Desain Halaman "Beranda"

Sebelum Konversi
Setelah Konversi

3. Desain Halaman "Tentang"

Sebelum Konversi
Setelah Konversi

4. Desain Halaman "Manajemen"

Sebelum Konversi
Setelah Konversi

5. Desain Halaman "Legalitas"

Sebelum Konversi
Setelah Konversi

6. Desain Halaman "Portfolio"

Sebelum Konversi
Setelah Konversi

7. Desain Halaman "Kontak"

Sebelum Konversi
Setelah Konversi

Optimasi Kinerja Website

Setelah proses konversi ke Oxygen Builder selesai, maka tahapan selanjutnya yang kami kerjakan adalah mengoptimasinya.

Salah satu yang sangat mengganggu performa sebuah website khususnya WordPress adalah plugin-plugin yang memberatkan.

Dalam kasus ini, kami meneliti bahwa jenis plugin slider dan grid gallery yang telah terpasang sangat berpengaruh terhadap kinerja website (nama plugin tidak kami sebutkan).

Plugin tersebut secara visual sangat bagus, namun kekurangannya adalah sangat memberatkan kinerja dari website tersebut.

Kami berusaha mengoptimasinya dengan cara :
mengganti plugin slider menggunakan slider dari Oxygen Builder,
membuat gallery baru dengan elemen repeater dan superbox dari Oxygen Builder yang dikombinasikan javascript, php, html dan css,
dan beberapa teknik optimasi website lainnya.
Setelah proses optimasi selesai, kemudian kami ukur kinerjanya dengan GTMetrix kembali dan ternyata hasilnya cukup memuaskan.

Berikut beberapa perubahan tambahan sebagai penjelas hasil dari optimasi yang telah kami lakukan:

1. Optimasi Desain Halaman Beranda

Mengganti Slider dan Galleri pada halaman Beranda

2. Optimasi Desain Halaman Portfolio & Single Proyek

Mengganti Galleri pada halaman Portfolio & Single Project

3. Beberapa Hasil Pengukuran Kinerja Setelah Optimasi

GTMetrix Score Deco Cipta Graha - After Optimization
Hasil pengukuran GTMetrix setelah Optimasi dari F menjadi A. Pengukuran pertama (GTMetrix tanpa caching)
GTMetrix Score Deco Cipta Graha - After Optimization with Cache
Hasil pengukuran GTMetrix setelah Optimasi. Pengukuran Kedua (GTMetrix dengan caching)
GTMetrix Score Deco Cipta Graha - After Optimization+Cache+Nearest Server
Hasil pengukuran GTMetrix setelah Optimasi. Pengukuran Kedua (GTMetrix dengan caching) di ukur dari lokasi server terdekat (Hongkong) dengan server kami (Singapura).

Kesimpulan

Dari apa yang telah kami kerjakan, terlihat peningkatan kinerja website yang sangat signifikan.

Tentunya hasil pengukuran tersebut bisa saja berubah-ubah karena banyak dipengaruhi berbagai faktor, tetapi secara umum kita bisa melihat adanya peningkatan.

Diluar apa yang telah kami lakukan untuk mengoptimasinya, kami yakin masih ada banyak cara yang bisa meningkatkan kinerja website tetapi belum kami lakukan, misalnya meningkatkan kualitas hosting (pindah hosting) yang kita gunakan ke yang lebih baik lagi. 

Bagaimana dengan anda? Apakah anda memiliki tips untuk meningkatkan kinerja website anda? Silahkan di share pada kolom komentar dibawah.

Salam Digital!
Membutuhkan jasa untuk mengkonversi website anda menjadi WordPress & Oxygen Builder?
Konsultasi Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU
Cara Membuat Menu Di Luar Kanvas dengan Oxygen Builder
Artikel ini menjelaskan tentang cara pembuatan menu di luar kanvas pada website yang menggunakan CMS WordPress dan plugin Oxygen Builder
Baca selengkapnya....
Konversi Website ke Oxygen Builder (Studi Kasus)
Apakah anda ingin mengkonversi website yang menggunakan Oxygen Builder? Berikut contoh kasus dan peningkatan kinerja hasil optimasinya.
Baca selengkapnya....
Bagaimana Cara Membuat Slider Dinamis dengan Flickity di Oxygen Builder Repeater?
Tutorial ini menjelaskan cara membuat slider dinamis menggunakan flickity yang digabungkan dengan elemen Oxygen Builder Repeater.
Baca selengkapnya....
PAKET LENGKAP PEMBUATAN WEBSITE
Digitalizer menawarkan jasa pembuatan website untuk company profile, toko online, event organizer, lembaga pendidikan ataupun bidang lainnya. Anda tidak perlu memikirkan tentang domain, webhosting/server, DNS, email, desain, development, security serta masalah teknis lainnya. Cukup siapkan content website anda saja, sisanya kami yang mengerjakannya.
Semua paket pembuatan website sudah termasuk maintenance 1 tahun!
HOT LINK!
logo digitalizer
© 2011 - 2021 Digitalizer My ID - Allright Reserved